Sabtu, 12 Juli 2008

Nasi Krawon


Bukan urap juga bukan pecel. Nasi krawon adalah menu sarapan favorit gw di rumah (tentu saja selain nasi goreng bikinan ibu yang paling enak sedunia).
Krawon terbuat dari berbagai sayuran matang yang dicampur dengan parutan kelapa, bawang merah dan laos (lengkuas) dan ditaburi 'uyah goreng' (literally, artinya garam goreng, tapi gw ga yakin kalo itu sekedar garam yang digoreng). Nasi krawon bisa dinikmati bersama dengan berbagai lauk pauk. Menurut gw pribadi si paling pas disandingkan dengan 'gereh' (ikan asin goreng) dan bothok pelas (kelapa parut yang dikukus dengan berbagai bumbu dan bahan, dibungkus daun lunak yang juga bisa dimakan)
Sayang sekali gw sulit menemukan masakan ini di daerah lain. Apa dengan kondisi itu gw bisa bilang nasi krawon ini makanan khas daerah gw yak??

Tidak ada komentar: